Minggu, 30 Oktober 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERINTEGRASI PADA TIK



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERINTEGRASI PADA TIK

Ø    TOPIK
Kelas                           : VI (Enam)
Tema                           : 9
Sub tema                     : 2 (Benda Angkasa Luar dan Rahasianya )
Pembelajaran               : 1

Ø    TUJUAN
1.      Dengan mengaplikasikan gadget , siswa mampu mengakses benda-benda yang ada diluar angkasa
2.      Dibentuk kelompok, siswa mampu berdiksusi tentang manfaat benda-benda luar angkasa untuk kehidupan sehari-hari
3.      Disajikan vidio tentang fanomena alam, siswa mampu menganalisis kasus fanomena alam yang terjadi
4.      Dibentuk kelompok diskusi, siswa mampu memberikan ide atau tindakan yang dapat
dilakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk mengurangi fenomena alam yang terjadi yang merugikan.
5.      Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat banner tentang menjaga kelestarian alam dalam bentuk gambar kemudian didokumentasikan dan di upload di sosial media masing-masing.

Ø    LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN / AKTIVITAS PEMBELAJARAN
1.      Guru mengajukan pertanyaan
Ø  Siapakah yang melihat cahaya dilangit pada malam hari?
Ø  Lalu apakah bintang itu bersinar?
Ø  Ayo siapa yang bisa menyebutkan benda-benda yang ada diluar angkasa?
Ø  Apa perbedaan benda-benda luar angkasa yang muncul pada siang hari dan pada malam hari?
2.      Siswa diajak diskusi tentang benda-benda luar angksa, untuk menambah wawasan siswa tentang dunia angkasa
3.      Setelah mengajukan pertanyaan dan berdiskusi bersama, guru memberikan instruksi untuk membuka gadgetnya masing-masing untuk mengakses informasi mengenai benda-benda luar angkasa, agar lebih luas tentang pengetahuan benda-benda luar angkasa lalu guru mengamatinya.
Ø  Anak-anak ibu ingatkan kembali bahwa masa sekarang kita sudah berada di era globalisasi dimana teknologi semakin canggih, dan ilmu didapat bukan dari ibu guru saja, kita dapat memanfaatkan teknologi yang sudah canggih ini untuk mengakses pengetahuan tentang benda-benda luar angkasa melalui gadget yang sudah kalian bawa dari rumah.
Ø  Anak-anak silahkan membuka gadgetnya yang sudah kalian bawa kemudian akseslah tentang benda-benda angkasa,
ingat! Jangan membuka selain benda-benda luar angkasa, ibu akan mengamati setiap siswa
4.      Guru mengamati siswa satu persatu yang sedang mengakses informasi tentang benda luar angkasa, kemudian guru memberikan instruksi
Ø  Anak-anak jangan lupa untuk menuliskan informasi yang kalian dapat di buku catetan masing-masing
5.      Guru memberikan sebuah pertanyaan untuk membuat siswa melakukan penalaran, bahwa kuasa Tuhan sangat besar
Ø  Anak-anak kita hidup dimana?
Ø  Kita bisa hidup karena ada apa?
Ø  Kita bisa merasakan panasnya matahari pada siang hari dan merasakan dinginnya pada malam hari karena siapa?
6.      Setelah siswa menjawab dan berinteraksi satu sama lain, kemudian guru Guru membentuk kelompok diskusi untuk mendiskusikan manfaat benda luar angkasa dalam kehidupan sehari-hari
7.      Hasil diskusi tentang manfaat benda luar angkasa, ditulis dalam selembar kertas, kemudian guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikan didepan kelas, dan kelompok lain menanggapi.
8.      Guru memberikan penguatan tentang pendapat setiap kelompok
9.      Guru menyajikan sebuah video, siswa mengamati
Ø  Video tentang fenomena alam efek pemanasan global
10.  Guru memberikan pernyataan
Ø  Anak-anak apa yang baru kalian saksikan adalah salah satu akibat dari kita yang tidak merawat lingkungan dengan baik,
Ø  Untuk lebih jelas ibu akan membentuk kelompok diskusi lagi untuk mendiskusika tentang tindakan apa yang dapat dilakukan untuk mengurangi fenomena alamyang membuat rugi makhluk hidup termasuk manusia, salah satu contohnya adalah tindakan untuk menanggulangi efek pemanasan global.
Ø  Ibu akan memberikan secarik kertas pada setiap kelompok, yang berisikan tentang salah satu fanomena alam
Ø  Siswa berdiskusi tentang masalah fanomena alam
Ø  Hasil diskusi dikumpulkan pada ketua kelompok, ketua kelompok menyerahkan pada ketua kelas, lalu ketua kelas diberikan kepada guru
11.  Siswa secara indivdu menggambarkan atau membuat banner tentang cara mencegah kerusakan alam di kertas gambar lalu di dokumentasikan dengan kamera gadget masing-masing siswa lalu di upload di facebook, bertujuan agar teman-teman yang ada di fecebook sadar akan pentingnya menjaga lingkungan untuk menyelamatkan benda-benda luar angkasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar