PKn Kelas II: Menampilkan sikap demokratis
a bentuk dan cara bermusyawarah
dalam
musyawarah usulan atau pendapat ditampung
musyawarah
dapat menghindari
permusuhan dan
pertengkaran
1.
musyawarah di rumah
suatu
malam setelah makan
pak
haris mengajak keluarganya
menentukan
rencana liburan
pak
haris sekeluarga bermusyawarah
semua
mendapat giliran memberikan usulan
dedi
mengusulkan pergi ke rumah paman
sudah lama tidak pergi ke sana
rina
mengusulkan ke rumah nenek di desa
dia
ingin bertemu dengan saudara sepupunya
ibu
mengusulkan tinggal di rumah saja
memperbaiki
kandang ayam yang rusak
pak haris menghargai semua usulan dan
menampungnya
setelah
bermusyawarah
diputuskan
bahwa pak hamid dan keluarga
akan
pergi ke rumah nenek di desa
kebetulan
nenek sedang panen raya
dedi
menjadi kecewa
dia
sangat merindukan pamannya
pak
haris menjelaskan kepada dedi
ke
rumah paman liburan akhir tahun
karena
nano anak paman akan dikhitan
untuk
memperbaiki kandang ayam
bisa dilakukan sepulang dari desa
setelah
mendapat penjelasan pak haris
seluruh
anggota keluarga menerima keputusan
untuk
berlibur ke desa
1.
musyawarah di sekolah
bu
guru memberi tugas kepada anak anak
tugas
yang diberikan yaitu membuat kliping
tentang alat transportasi
tugas
diberikan secara kelompok
setiap
kelompok terdiri lima anak
sebelum
mengerjakan tugas
setiap
kelompok bermusyawarah
riyan
sebagai ketua kelompok
riyan
dan kelompoknya bermusyawarah
dalam
musyawarah
diadakan pembagian tugas
tono
membawa koran dan majalah bekas
nani
membawa gunting dan lem
rina
membawa spidol
sedang
riyan bertugas membawa kertas
semua
menaati hasil musyawarah
pada
hari yang ditentukan
tugas
dikerjakan di rumah riyan
mereka
asyik mengerjakan tugas bersama sama
kliping
disusun dengan baik
hasil pekerjaan mereka sangat memuaskan
b menghargai suara terbanyak
pada
awal tahun pelajaran di kelas dua
diadakan
pemilihan ketua kelas
ibu
guru membimbing pelaksanaan pemilihan
anak
anak siapa yang pantas
menjadi
ketua kelas
tanya
bu guru
anton
bu usul tini
imron
saja bu usul roni
baiklah
bu guru tulis saja di papan tulis
nanti
kita adakan pemungutan suara
yang
mendapat suara terbanyak
dialah
yang akan menjadi ketua kelas
jelas
bu guru
selanjutnya
bu guru menyiapkan kartu suara
kartu
suara dibuat dari kertas
dipotong
berbentuk persegi panjang
bu
guru membagikan kertas suara dibantu roni
kartu yang kalian terima
silakan
ditulis satu nama
pilih
antara anton dan imron
lanjut bu guru
setelah
anak anak mengisi kartu suara
kartu
suara dikumpulkan
perhitungan
suara dilakukan secara terbuka
roni
membantu bu guru
menulis
di papan tulis
satu
persatu kartu suara dibaca
hasil perhitungan suara sebagai berikut
dari
perhitungan suara
anton
memperoleh suara lebih banyak
maka
anton menjadi ketua kelas dua
bu
guru memberi ucapan selamat kepada anton
disusul
teman temannya tidak ketinggalan imron
anak
anak kelas dua
menjunjung
tinggi hasil keputusan
berdasarkan perhitungan suara
c. menerima
kekalahan
setiap
hari rabu ada pelajaran olahraga
kali
ini bu guru mengajak
anak
anak bermain kasti
anak
anak dibagi menjadi dua regu
setiap
regu terdiri atas dua belas anak
sisanya menjadi pemain cadangan
permainan
dimulai
regu
a menjadi pemain lebih dahulu
regu
b sebagai penjaga
bu
guru menjadi wasit
tina
sebagai pencatat nilai
kedua
regu bermain dengan bersemangat
permainan
semakin seru
regu
a dan regu b silih berganti menjadi pemain
berkali
kali jaka yang bertubuh gendut
terkena
lemparan bola
tetapi
dia malah meledek sambil tertawa
teman
teman tertawa terpingkal pingkal
membuat suasana permainan semakin meriah
waktu
bermain selesai
mereka
semua melihat papan nilai
regu
b sebagai pemenang
regu a menerima kekalahan dengan
lapang dada
mereka
sudah melakukan dengan sungguh sungguh
selesai
permainan anak anak
saling
berjabat tangan
kalah atau menang itu hal biasa
Sumber : Sajari.
Suharto. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan
Untuk SD/MI Kelas II. Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional :
Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar